Sabtu, 21 Januari 2012

Manusia dan peradaban


Peradaban merupakan wujud kebudayaan sabagai hasil kreatifitas manusia, sekaligus mempengaruhi serta menjadi dominan bagi manusia. Istilah peradaban berasal dari kata adab yang artinya akhlak, kesopanan atau kehalusan budi pekerti.
Istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berwujud unsur-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, sopan, luhur dan sebagainya, maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi.
Dengan batasan-batasan pengertian di atas maka istilah peradaban sering dipakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti kesenian, ilmu pengetahuan dan teknologi, adat sopan santun, serta pergaulan. Selain itu juga kepandaian menulis, organisasi bernegara serta masyarakat kota yang maju dan kompleks.
Pendekatan terhadap peradaban bisa dilakukan dengan menggunakan organisasi sosial, kebudayaan, cara berkehidupan yang sudah maju termasuk sistem IPTEK dan pemerintahannya. Tinggi rendahnya perdaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh faktor pendidikan dan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.
Arus informasi yang berkembang pesat menumbuhkan cakrawala pandangan manusia semakin terbuka luas. Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bantu manusi, dewasa ini telah menjadi sebuah kekuatan otonom yang justru membelenggu perilaku dan gaya hidup manusia. Dengan adanya pengaruh yang besar karena ditopang pula oleh sistem-sistem sosial yang kuat dan dalam kecepatan yang makin tinggi, teknologi telah menjadi pengarah hidup manusia. Masyarakat yang rendah teknologinya cenderung tergantung dan hanya mampu bereaksi terhadap dampak yang timbul oleh kecanggihan teknologi.
Perubahan sosial merupakan gejala yang melekat di setiap masyarakat, merujuk pada satu pengertian yang intinya perubahan sosial adalah perubahan yang trjadi dalam masyarakat atau dalam hubungan interaksi yang meliputi aspek kehidupan.
Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang msa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan peubahan.
Perubahan budaya juga dapat timbul akibat perubahan lingkngan masyarakat, penemuan baru dn kontak denga kebudayaan lain. Sebagai contoh, berakhirnyya xaman es berujung oada ditemukannya sistem pertanian kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar