Sabtu, 21 Januari 2012

Ilmu Sosial dan Budaya


Pengertian Ilmu Sosial
Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah filsafat (philosophia). Dari filsafat lahir tiga cabang ilmu pengetahuan, yaitu:
  1. Natural science (ilmu-ilmu alam, meliputi fisika, kima, biologi).
  2. Social sciences (ilmu-ilmu sosial meliputi sejarah, politik, ekonomi).
  3. Humaniteis (ilmu-ilmu budaya meliputi : bahasa, agama, kesenian).
Dalam dunia pengajaran, ilmu-ilmu sosial mengalami perkembangan sehingga timbul faham studi sosial. Paham studi sosial dipergunakan bagi keperluan pendidikan dan pengajaran bukan disiplin ilmu yang mandiri. Studi sosial adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran.
Ilmu sosial dikatakan demikian karena ilmu tersebut mengambil masyarakat atau kehidupan bersama sebagai objek uang dipelajari. Ilmu-ilmu sosial belum mempunyai kaidah-kaidah dan dalil tetap yang diterima oleh bagian terbesar masyarakat. Sedangkan yang menjadi objeknya adala manusia yang selalu berubah-ubah. Ilmu sosial baru pada tahap analisis dinamika, artinya baru sampai pada analisis-analisis tentang masyarakat manusia dalam keadaan bergerak.
Jadi untuk melihat perbedaan antara soscial science dengan nature science dilihat dari objek formanya, artinya objek social science adalah manusia sedangkan untuk membedakan antara ilmu-ilmu sosial adalah focus of interest (pusat perhatian), misal ilmu ekonomi yang menjadi pusat yang dipelajarinya adalah usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan materinya dari bahan-bahan yang terbatas ketersediannya. Ilmu politik pusat perhatiannya mengenai kekuasaan manusia, dan seterusnya.


  1. Pengertian Ilmu Budaya
Ilmu budaya adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendaar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk berbudaya (homohumanus) dan masalah-masalah yang menyertainya, sering disebut sebagai humanities yang merupakan penegtahuan tentang konsep-konsep yang dapat digunakan untuk masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Materi ilmu kebydayaan dari bahan pengetahuan humaniora seperti filsafat, teleologia, ilmu hukum, sejarah, bahasa, kesusastraan dan seni. Humaniora mengajarkan bahan ajaran yang mencerminkan keutuhan manusia dan membantu agar manusia lebih manusiawi. Humaniora adalah seperangkat sikap, perilaku, moral manusia terhadap sesamanya sedangkan humanities adalah pengetahuan kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar